Friday, June 23, 2017

Red Planet Hotels Solo - Best Budget Hotel di Pusat Kota Bengawan

Tidak dipungkiri lagi jika penginapan menjadi salah satu kebutuhan bagi para traveler saat melakukan perjalanan. Pilihan fasilitas yang disediakan, lokasi, serta budget biasa menjadi pertimbangan mendasar bagi seseorang saat memilih penginapan. Nah, di Kota Solo ada salah satu hotel yang bisa jadi pertimbangan untuk menginap yaitu Red Planet Hotel Solo.


Sapaan ramah dan senyum para resepsionis  langsung menyambut kedatangan saya begitu memasuki bagian lobi Red Planet Hotels. Ruangan ini didominasi cat warna merah berlatar belakang hitam yang memberi suasana kontras namun masih terasa meriah. Ruangan lobi dengan furnitur kursi minimalis yang diletakkan di bagian sudut ruangan memang langsung memberi kesan jika penginapan ini terasa dinamis dan fungsional.


bagian lobi Red Planet Hotel Solo
Setelah mengkonfirmasi pesanan, petugas resepsionis pun memberi saya kunci smart card dan menginformasikan nomor kamar yang akan saya tempati selama menginap di hotel ini. Oke, kali ini saya berkesempatan untuk menginap di Red Planet Hotels Solo yang terkenal sebagai salah satu best budget hotel di Kota Bengawan ini.

Kenapa memilih Red Planet Hotel?

Faktor pertama adalah harga. Iya, sebagai pejalan dengan kantong pas-pasan tentu saja saya harus ekstra teliti saat memilih penginapan. Red Planet Hotel Solo menawarkan harga yang cukup murah dan ramah bagi kantong saya. Dengan rate harga mulai dari dua ratus ribuan per-malam, kita bisa memperoleh penginapan yang nyaman di Kota Solo.

Ada fasilitas komputer dan dispenser juga di dekat lobi hotel
Bahkan, jika sedang beruntung, kita bisa mendapatkan best price mulai dari Rp 180.000,- per-malam di hotel ini lho (based on seasons tapi ya).

Lokasi yang Strategis

Selain harga yang cukup ramah di kantong, alasan saya berikutnya memilih hotel ini adalah lokasinya yang strategis. Hotel ini berada di tengah Kota Surakarta, sehingga memudahkan akses untuk ke mana-mana.

Dari Stasiun Balapan atau Stasiun Purwosari cukup dekat. Akses ke halte bus kota (Batik Solo Trans) terjangkau. Mencari becak untuk keliling kota? Sudah tersedia di depan hotel. Mencari warung makan? Tinggal jalan kaki sebentar di sekitar penginapan.

Ingin nge-mall? Cus tinggal ngesot ke Solo Paragon Mall. Ingin mencari hiburan rakyat? Tinggal jalan kaki ke Taman Hiburan Rakyat Sriwedari yang terkenal dengan pertunjukan Wayang Wong. Ingin ke museum yang kece sekaligus berbelanja batik? Bisa ngesot ke Danar Hadi yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi.

Menurut saya, lokasi Red Planet Hotel Solo ini benar-benar strategis dan cukup mudah untuk ke mana-mana. Bisa berjalan kaki, maupun menggunakan kendaraan umum yang ada. Apalagi sekarang sudah ada fasilitas ojek dan taksi online. Semakin mempermudah kegiatan mobilisasi kita bukan?

Fasilitas Kamar

Nah, fasilitas kamar juga menjadi bahan pertimbangan untuk memilih penginapan bukan? Gak mau dong, sudah lelah jiwa raga seusai jalan-jalan, lalu mendapatkan kamar yang kurang nyaman untuk mengistirahatkan badan?


Red Planet Hotel Solo memang didesain memiliki kamar yang minimalis namun fungsional. Luas kamarnya memang bisa dikatakan cukup minimalis, namun penataan dan pemilihan ukuran furniture yang pas membuat rungan kamar di hotel ini terasa lega.

Sebuah ranjang berukuran dua orang dewasa diletakkan di bagian ruang utama. Dibalut dengan bed cover dan sprei berwarna putih sehingga memberi kesan bersih. Ranjang tersebut diapit oleh sepasang meja yang terbuat dari kaca di kanan kirinya sehingga terlihat ciamik.

Aksen lampu berbentuk bulat yang diletakkan di atas meja kaca memberi kesan modern. Nah, di atas headboard kasur terdapat kaca besar yang menempel di tembok sehingga memberi kesan luas pada ruangan. Terdapat pula sebuah televisi 32 inch yang menjadi sumber hiburan bagi tamu yang menginap.


Bagaimana dengan kamar mandi dan toilet? Seperti hotel minimalis dan kekinian, kamar mandi dan toilet menjadi satu ruangan yang dipisah dengan sekat kaca. Bagian toilet diisi dengan closet, wastafel dan kaca berukuran cukup besar. Bagian dinding ruangan dilapisi dengan keramik berwarna krem yang memberi kesan kalem.


Shower berfungsi dengan baik. Air mengalir dengan cukup deras dari pancuran berbentuk lingkaran. Asyiknya, suhu air dapat dengan mudah diatur sesuai tingkat kepananasan yang kita inginkan. Cocok sih bagi saya yang tak terlalu suka mandi dengan air yang terlalu panas.

Sayangnya, untuk aminities kurang lengkap. Hanya disediakan handuk serta sabun dan shampo saja. Nah, untuk sikat gigi dan pasta gigi tidak disediakan. Jadi, lebih baik persiapan membawa sendiri dari rumah ya !

hair dryer dan kaca diletakkan bersebelahan, bisa ngaca sekaligus ngeringin rambut
Oh iya, konsep fungsional cukup terasa di kamar Red Planet Hotel Solo ini. Lihat saja adanya kaca besar seukuran badan yang diletakkan di depan pintu kamar mandi. Kemudian di samping kaca tersebut diletakkan hair dryer yang dipasang di tembok.

Ngomong-ngomong, hotel dengan rate harga terjangkau, Red Planet Hotel Solo cukup royal juga ya memberi fasilitas hair dryer ! Salut sih ! Hihihi.

Selain ada AC, ada kipas anginnya juga !
Konsep fungsional lainnya terlihat dari peletakan brankas yang diletakkan pada bagian bawah meja kaca yang berada di samping ranjang. Lalu gantungan pakaian yang berada di bagian sudut ruangan. Ada pula meja kerja portable yang bisa dilipat mepet dinding ruangan. Benar-benar minimalis namun sangat fungsional.


Peletakan barang-barang fungsional tersebut sukses membuat kamar dengan ukuran minimalis menjadi terkesan luas namun tidak melupakan fungsi-fungsinya. Sudut favorit saya adalah meja kerja portable ini, asli bikin naksir. Ketika sudah selesai digunakan, bisa dilipat kembali mepet ke bagian tembok. Di samping meja ini ada colokan listrik juga. Pemasangannya pas, sehingga enak untuk tempat kerja.

Selain tempatnya nyaman untuk beristirahat, kamar di Red Planet Hotel Solo ini juga cukup nyaman untuk staycation. Tempatnya bersih, suasana tenang, pencahayaan ruangan sangat memadai. Saya cukup betah berlama-lama di kamar sambil membereskan pekerjaan. Hehehe !

Sayang, kali saya mendapatkan kamar yang belum termasuk breakfast di dalamnya. Sehingga saya tidak bisa berkomentar banyak mengenai menu makanan yang disajikan.

Melihat dari segi harga, fasilitas, dan lokasi, Red Planet Hotel Solo ini bisa kalian jadikan pilihan menginap ketika bertandang di Kota Bengawan. Kamarnya nyaman namun masih ramah dengan isi kantong. Jadi, adakah di antara kalian yang memiliki pengalaman menginap di Red Planet Hotel Solo ini? Share yuk !

keterangan :
Red Planet Hotel Solo
Jalan Dr. Soepomo No.49 Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Telp (0271) 7889333

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, bukan dibuat untuk keperluan kerja sama dengan pihak hotel maupun kegiatan komersil lainnya.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com